Saatnya Beralih ke Fuel Injection

hondasupercub50efi

Sejarah Honda di dunia patut diacungi jempol, apalagi honda telah membuat gebrakan dalam penerapan teknologi modern untuk sepeda motor. mulai tahun 1982, honda telah meluncur kan teknologi yang bernama PGM-Fi atau Progamable Fuel Injection, sistem suplai bahan bakar modern, tidak lagi menggunakan karburator. penerapan pada motor pertama seri CX500, sangat terasa performa, akselerasi dan efisiensinya. sejak saat itu honda mulai konsen dan serius menggunakan teknologi PGM-FI hingga saat ini.

Honda pertama kali meluncurkan sepeda motor injeksi pertama di Indonesia. Sejarah telah diukir oleh Honda di Indonesia pada tahun 2005 saat itu Supra X 125 PGM-FI adalah Honda bebek Injection baru pertama dan satu-satunya di Indonesia..

PGM-FI adalah sistim suplai bahan bakar dengan menggunakan teknologi control secara elektronik yang mampu  memasok bahan bakar  dan  udara secara optimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap keadaan.

Berikut keunggulan PGMFI :

Ramah Lingkungan

Jumlah bahan bakar yang disemprotkan disesuaikan dengan jumlah udara yang mengalir berdasarkan sensor TP sensor, EOT sensor serta O2 sensor. Penyemprota bahan bakar dengan tekanan tinggi dari pompa bahan bakar membuat percampuran bahan bakar terjadi secara sempurna dan merata sehingga dapat dibakar dengan sempurna. Disamping itu gas buang hasil pembakaran disempurnakan dengan adanya katalitic converter pada knalpot sehingga gas buang yang dilepas ke lingkungan adalah gas hasil pembakaran yang sempurna, yang mempunyai emisi 90% lebih rendah dibandingkan emisi gas buang dengan engine karburator.

Hemat Bahan Bakar

PGM-FI merupakan sistem supply bahan bakar yang dikontorl secara elektronik, dengan diameter lubang injektor yang terkecil didunia menjamin pasokan bahan bakar yang sangat presisi serta pengabutan bahan bakar yang sempurna, sehingga pembakaran sempurna. Adanya O2 sensor yang memonitor kondisi gas buang lebih menjamin pasokan yang sangat tepat serta selalu terkontrol.

8

2

Akselerasi lebih responsif & tenaga besar

Jumlah bahan bakar yang disemprotkan oleh injector dihitung secara akurat oleh ECM berdasarka sensor-sensor tersebut, penyemprotan dengan tekanan tinggi membuat bahan bakar terkabutkan dalam sekala ion dan bercampur secara semporna dan merata dengan udara. Waktu pengapian yang tepat menjadikan pembakaran yang semurna sehingga dihasilkan engine yang hemat bahan bakar namun memiliki akselerasi yang responsive dan tenaga yang besar.

Untitled-2

Mudah dihidupkan di daerah dingin.

Tekanan bahan bakar yang tinggi (294 KPa), serta timing penyemprotan bahan bakar yang tepat menjadikan engine mudah dihidupkan pada berbagai kondisi.

Pada Motor karburator, saat digunakan di dareah yang lebih dingin, menjadi susah di hidupkan. Saat motor mampu hidup, motor tidak siap langsung digunakan, motor akan mbrebet dan mati bila di gas/di jalankan. Perlu pemanasan yang lebih lama agar motor siap digunakan. Ini terjadi karena pasokan bahan bakar tidak lagi sesuai pada temperatur yang dingin.

Pada Motor PGM-FI, segala perubahan kondisi lingkungan akan termonitor oleh sensor-sensor , ECM akan menentukan banyak bahan bakar-udara serta pengapian yang tepat sehingga motor selalu mudah dinyalakan dan siap digunakan.

Mudah dihidupkan setelah lama tidak dihidupkan.

Disis lain bila motor karburator lama tidak dihidupkan (misalnya saat di tinggal ke luar kota), maka akan susah di hidupkan, perlu bukaan gas yang besar agar motor dapat dihidupkan. Semakin lama motor menganggur, maka perlu bukaan gas tangan yang semakin besar pula. Ini juga tidak akan terjadi di motor PGM-FI, lubang injector yang halus menjamin ppencampuran udara dan bahan bakar yang sempurna serta ECM akan memberikan pasokan yang tepat sesuai kondisi yang ada.

Mudah dalam perawatan.

Secara system, PGM-FI tidak memerlukan perawatan berkala secara khusus. Adanya MIL (Malfunctin Indicator Lamp) memberikan informasi bila ada salah satu sensor atau bahkan ECm yang tidak berfungsi. Dengan adanya MIL konsumen/pengendara awampun akan tau bagian mana dari system injeksi yang tidak berfungsi secara baik. Satu-satunya perawatan yang diperlukan adalah penggantian filter pompa bahan setiap 48000km atau sekitar 4 tahun sekali.

9Tetapi sama seperti motor karburator, bagian lain seperti penggantian Olie, peyetelan renggang klep, dan lain-lain yang tidak terkait dengan sistem PGM-FI perawatanya sama seperti motor karburator.

6

Sistem Diagnosa Mandiri

Saat Sepeda Motor Honda PGM-F kunci kontak di putar On, maka lampu MIL akan menyala 2 detik, kemudian mati (kalibrasi). Bila sistem PGM-FI tidak ada setelah itu kegagalan sistem, maka lampu MIL akan mati terus, tetapi bila ada kegagalan fungsi sensor-sensor, maka lampu MIL akan berkedip dengan kode masing-masing sensor. Kedipan diulang-ulang sampai ada perbaikan terhadap sensor tetsebut.

Dengan adanya kedipan pada sensor yang mengalami kegagalan funsi saja mempermudah mekani untuk melalukan analisa dan pemeriksaan hanya pada sensor yang tidak berfungsi dengan benar.

7

Garansi

Honda telah lama mengembangkan Sistem PGM-FI, bahkan sudah lebih dari 31 tahun Sistem PGM-FI diterapkan di motor Honda. Jadi kehandalannya tidak perlu di ragukan lagi. Karena itu Honda berani menjamin Sistem PGM-FI dengan memberikan Garansi selama 5 Tahun / 50000km. Garansi sistem PGM-FI ini berlaku untuk semua sistem dan sensor PGM-FI, kecuali yang habis pakai seperti Filter bahan bakar dan selang bahan bakar. Garansi dapat dilaksanakan di Ahass ACS di seluruh indonesia dimana konsumen berada.

5th

Honda telah mengeluarkan banyak unit Motor Injeksi, Mulai Sport, Cub hingga tipe yang booming saat ini, Tipe Matic. Mulai segmen low end hinga segmen high end. Lengkap sudah motor Honda dengan Teknologi PGMFI, saatnya kita awali cinta lingkungan dengan menggunakan motor sistem PGM-FI,

Cinta Honda PGM-FI, Cinta Indonesia..

wenc70

photoSuper Cub dengan sistem PGM-FI

Modifikasi Injection CubModifikasi Honda Cub 70 Menjadi PGM-FI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s