Macam Bentuk Kopling Motor Honda Cub

 

Macam macam bentuk kopling motor yang dapat di terapakan pada motor Honda Cub sesuai dengan keinginan baik yang udah dari bawaan motor atau dari modifikasi

Kopling atau Clutch yaitu peralatan transmisi yang menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Fungsi kopling adalah untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi, kemudian transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam keadaan normal, dimana fungsi kopling bekerja dengan baik, begitu pengemudi menekan pedal kopling, tenaga mesin akan di putuskan, karena saat pedal ditekan maka gaya tekan itu akan mendorong release fork dan release fork akan mendorong release bearing. Sehingga release bearing akan mengangkat mendorong pegas diaprahgma dan preaseure palte, clutch disc akan terlepas dengan flywheel. Serentak roda gigi akan terlepas dari pengaruh putaran mesin. Kondisi inilah yang memungkinkan terjadinya perpindahan roda gigi pada transmisi.


Ada dua jenis kopling yang digunakan pada sepeda motor, yakni:

a. KOPLING OTOMATIS adalah salah satu komponen sepeda motor yang ditempatkan diantara mesin sepeda motor dan system transmisi. Fungsi kopling secara garis besar adalah untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin, sedangkan fungsi kopling otomatis adalah untuk memutuskan
dan menghubungkan putaran kruk as ke gigi kecil kruk as. Kopling otomatis ialah koplng yang cara kerjanya diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin itu sendiri. Kopling terhubung dan terputus dengan menggunakan gaya centrifugal yang akibat putaran crank shaft (sepatu bergerak kearah luar oleh gerakan sentrifugal sehingga sepatu tersebut berhubungan langsung dengan drum/rumah kopling). Saat kecepatan engine rendah, kopling terputus. Sedangakan pada saat kecepatan engine tinggi, kopling terhubung secara otomatis.

b. KOPLING MANUAL adalah kopling yang bekerja secara manual yang dilakukan oleh pengendara itu sendiri. cara kerjanya diatur oleh sebuah tuas yang biasa disebut handel kopling dengan cara menarik tuas kopling. Bila handel kopling pada batang kemudi bebas (tidak ditarik)maka pelat tekan dan pelat gesek dijepit oleh piring penekan(clutch pressure plate) dengan bantuan pegas kopling sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang. Sedangkan bila handel kopling pada batang kemudi ditarik maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling. Alat pembebas kopling ini akan menekan batang tekan (pushrod) atau release rod yang ditempatkan di dalam poros utama. Pushrod akan mendorong piring penekan ke arah berlawanan dengan arah
gaya pegas kopling. Akibatnya pelat gesek dan pelat tekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama, atau hanya memutarkan rumah kopling dan pelat geseknya saja.

Pada kopling manual ada 2 tipe media yang digunakan, pertama memakai kawat/kabel kopling yang di tarik oleh tuas kopling dan yang kedua memakai sistem cairan hidrolik yang di tekan oleh tuas kopling.

Ukie

12 thoughts on “Macam Bentuk Kopling Motor Honda Cub

  1. mas admin mau tanya, untuk mengganti house kopling kalong sebaiknya pakai punya apa dan kisaran harganya berapa?
    terima kasih

  2. trimakasih sudah mampir..
    house kopling cub bisa diganti dengan astrea 800, model dan bentuk sama, beda di jumlah cakarnya, tarikan jadi lebih responsip & anti selip.
    untuk harga kisaran 200-300ribu

  3. Bunyi Benging pada motor tua biasanya bersumber dari gigi primer & sekunder yang sudah aus, solusinya bisa diganti gigi primer & sekunder yang baru, bisa juga ganti part milik honda astrea 800. jangan lupa cek juga busing primernya Om.. skaligus cek juga kelingan pada gigi sekunder. . apabila sudah aus, bisa diganti dan dikelingkan juga. semoga bisa membantu… thx

  4. thaks mas admin info yg sangat bermanfaat, o ya ane mohon pencerahannya nih… udh seminggu ini astrea 800 ane kalo mau masuk gigi 1 trus pedal gigi diangkat langsung dech mesin langsung mati, kan biasanya mesin tetep idup nunggu ditarik gas aja langsung dech jalan… kira2 kenapa ya mas… hatur nuhun…

  5. mas admin, q baru aja ganti kampas kopling honda c700., tp kok rasanya seperti motor setengah kopling., kalo masuk gigi 1 setelah dilepas langsung mati motornya., q setel koplingnya sama aja., trus kalo dibikin kopling manual gmn?? bagus apa gak kalo buat motor tua??

  6. permasalahan ada di kopling house, memang bawaan asli C70 rada rewel. coba ganti punya honda astrea 800 atau mocin kancil 110, harga di pasar antara 200-300ribu bentuk sama persis dengan sistem yang lebih bagus. nah masalah dibuat kopling manual itu setelah kondisi kopling sudah sehat aja. thx dah mampir

  7. mtor 70 ga ngopling,, pie nih om?? masuk gigi langsung jln,,, msalahny dmn om?? tlg ilmuny om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s