Liputan “Tour de Sempu Island 2010”

Acara yang sudah terencana sejak tahun lalu akhirnya terwujud juga. kali ini tidak hanya touring saja, bakti social dan peduli lingkungan sengaja kami tambahkan dalam acara ini. Touring yang dikemas sedemikian rupa ini merupakan ajang melatih anggota Perkumpulan Penggemar Motor Honda (PPMH) c70 Koentoel Soerobojo untuk menumbuhkan jiwa social pada sesama dan kepedulian lingkungan alam sekitar, tidak lupa sekaligus dilanjutkan dengan upacara pelantikan anggota baru di akhir acara.

Pemberangkatan dari secretariat club pada hari jumat pukul 22.00, rombongan mampir sebentar di café Honda sidoarjo untuk foto bersama. Setelah foto bersama kami melanjutkan perjalanan, kali ini kami singgah dahulu di desa tumpang malang yang kebetulan satu jalur kearah pulau sempu, tujuan kami beristirahat sejenak dan memaking ulang bahan yang akan disumbangkan. Tepat pada pukul 5.00 kami melanjutkan perjalanan, sebelum menuju pulau sempu kami melakukan acara bakti social dahulu ke SDN Tambakrejo 2 berupa pambagian peralatan sekolah. waktu tempuh 2,5 jam ke desa Tamben tepatnya di SDN Tambak rejo 2 yang merupakan sasaran bakti social kami. Di sekolah yang sebagian besar murid dari desa tertinggal ini menyambut baik kedatangan rombongan kami, ibu Niken sebagai kepala sekolah sempat tidak percaya kalau kami benar benar datang karena melihat akses jalan masuk ke SDN Tambak rejo 2 yang rusak berat. 251 murid dan 20 guru telah berkumpul menyambut kami, mereka berbaris rapi dengan penuh semangat dan penasaran akan kedatangan kami dari kota Surabaya menggunakan motor motor tua Honda C70. Acara dibuka dengan sambutan sepatah kata dari pengurus, untuk mencairkan Suasana, kami mengajak semua murid bermain dan bernyanyi setelah itu bantuan peralatan kami bagikan merata. Rasa senang dan bahagia tersirat di wajah murid dan jajaran guru SDN Tambak rejo 2 mereka mengharapkan agar rekan-rekan perkumpulan penggemar Honda C70 koentoel Soerobojo bisa datang dan bermain lagi tahun depan.

Setelah bakti social selesai, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai sendang biru yang merupakan pelabuhan untuk menyeberang ke pulau sempu. peralatan dan bahan makanan kami siapkan sebelum menyeberang dan tidak lupa perijinan masuk kepada kepala balai konservasi sumberdaya alam mengingat pulau sempu masih merupakan daerah yang dilindungi. Waktu menunjukkan pukul 14.00, setelah makan siang kami segera bergegas mencari perahu untuk menyeberang ke pulau sempu. Perjalanan menyeberang hanya 15 menit, kami sampai di teluk mati pukul 14.30 dan melanjutkan perjalanan ke segara anakan. Waktu tempuh normal berjalan kaki untuk mencapai segara anakan hanya 1 jam namun waktu itu kondisi jalan yang kami lalui becek dan berlumpur sehinggga waktu tempuh menjadi 5 jam. Kobaran motivasi dan semangat tiada henti, rekan rekan koentoel soerobojo mampu menakhlukkan medan tersebut dan sampai di segara anakan pukul 20.00. kami segera mendirikan tenda dan istirahat bermalam di pantai segara anakan untuk melanjutkan aktivitas esok hari.

Derita dan Rasa lelah perjalanan tadi malam telah terhapus dengan keindahan panorama segara anakan di pagi hari. Menikmati indahnya Segara Anakan, yang menghadap Samudera Indonesia, dengan airnya yang tenang, dingin, bersih dan jernih, terbalut udara pantai nan sejuk, sungguh sebuah lukisan panorama pemandangan alam yang indah, agung dan mempesona.

setelah sarapan pagi, kami bergegas untuk melakukan misi peduli lingkungan dengan melakukan pembersihan sampah di sekitaran segara anakan, teknik yang kami lakukan dengan menyisir dari utara ke selatan pantai, dan hasilnya Luar biasa… sampah yang kami kumpulkan mencapai 5 karung, cukup disayangkan apabila pulau ini menjadi kotor oleh ulah para pengunjung yang membuang sampah sembarangan.
Telah sampai di puncak acara yaitu sesi pelantikan anggota baru, upacara pelantikan dengan 30 calon anggota di pantai segara anakan pulau sempu berlangsung secara khitmat, dilakukan juga penyematan wings koentoel soerobojo dan pembacaan janji anggota oleh seluruh calon anggota baru koentoel soerobojo, rasa haru dan bangga terpancar dari seluruh wajah anggota yang telah dilantik, harapan kami kepada anggota baru semoga bisa lebih berwibawa dan menjadi panutan pemuda dan pemudi surabaya, serta tumbuhkan rasa persatuan , kesatuan dan rasa kebersamaan ,ukhuwwah islamiyah kedalam lubuk hati sanubari kami, agar kami dapat melaksanakan segala program pembangunan dalam club di masa yang akan datang. Amien…
Tidak lupa kami mengucapkan banyak terimakasih kepada PT. MPM Motor, Gramedia, PT.Total chemical, Surabaya Honda community, balai koservasi sumberdaya alam pulau sempu dan berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu atas terselenggaranya acara ini. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan sekecil apapun dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan komunitas otomotif di surabaya dan bumi Indonesia.

Wenc70

This slideshow requires JavaScript.