NON STOP SINERGI HONDA UNTUK KOMUNITAS

Menurut Hermawan Kertajaya, Arti Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

Begitu juga halnya dengan komunitas motor Honda, hampir setiap model dan type kendaraan bermotor mempunyai komunitas.. Tidak aneh lagi kita melihat berbagai macam komunitas Honda yang tumbuh subur di tanah air .

Berbagai cara yang dilakukan komunitas untuk meningkatkan existensi untuk mengenalkan komunitasnya. seperti singkatan yang tertulis dalam bentuk sticker yg ditempel di body kendaraan , penomoran kendaraan berdasarkan nomor anggota di kelompoknya, penggunaan jaket yg sama untuk menujukan identitas clubnya dll.

Komunitas juga bisa dibentuk dengan secara Virtual berupa mailing list, diawali dari surat-menyurat melalui mailing list, hingga akhirnya saling tatap muka (kopi darat/kopdar), sehingga membuat bertambahnya keakraban antar anggota di dalam komunitas tersebut. Itulah hebatnya Internet yang dapat menyatukan banyak orang tanpa peduli jarak dan waktu.

MANFAAT KOMUNITAS BAGI PRODUSEN MOTOR HONDA

1. Kesetiaan terhadap Merek Motor Honda

Menjalin kerja sama dengan komunitas yang ada, dengan tidak membedakan-bedakan club motor produksi baru dengan club motor lama, karena bukan tidak mungkin pengaruh mereka (komunitas) terhadap lingkungannya cukup besar, yaitu mampu meyakinkan lingkungannya bahwa merek tersebut adalah baik dan handal, sehingga secara otomatis mampu membuka peluang penjualan produk baru dari merek tersebut. 2. Sebagai Ajang Promosi: Melibatkan komunitas/ Club untuk berpartisipasi di dalam kegiatan – kegiatan promosi. Untuk Komunitas adalah suatu hal yang saling menguntungkan, dan untuk produsen kegiatan promosi menjadi fokus dan tepat guna. Apabila produsen melansir suatu kendaraan baru, akan lebih baik jika komunitas yang ada diundang, sehingga terjalin hubungan yang baik antara pengguna (komunitas) dengan produsen. Bukan tidak mungkin anggota komunitas tersebut kemudian membeli produk baru tersebut.

3. Sebagai Wadah bagi komunitas
Hal yang penting bagi produsen untuk ikut turut masuk melebur dalam suatu komunitas, yaitu membangun jaringan , yang bertujuan untuk pemetaan atau untuk mengetahui minat dan kebutuhan masyarakat disuatu tempat terhadap produk yg akan atau yang sudah diluncurkan. Dengan cara membuat komunitas /Club didaerah daerah yang tidak langsung dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk agar dapat masuk kekomunitas tersebut . Akan lebih baik lagi apabila produsen dapat membantu menjawab masalah tersebut secara langsung.

Banyak manfaat yang kita peroleh dari komunitas yang kita ikuti, dan yang lebih berharga adalah bertambahnya teman dan sahabat dalam hidup kita.